Inventory List Kalau Anda Tidak Punya Pembantu

Nggak mau pake pembantu di rumah karena rumahnya kecil, atau ingin punya privasi? Kalau ya, ada beberapa hal yang anda perlu punya di rumah supaya pekerjaan rumah tangga tidak menyita terlalu banyak waktu dan tidak bikin sakit pinggang:

1. Vacuum cleaner. Cari yang ringan, kecil, dayanya besar, dan sikatnya banyak. Saya beli vacuum cleaner yang suction power-nya bisa sampai 300 watt, tapi tetap ringan. Sikatnya ada 4 macam, jadi bisa membersihkan setiap sudut dan kolong rumah. Vacuum cleaner ini membuat anda tidak perlu menyapu lantai🙂

2. Setrika uap / steam iron yang berdaya besar. Semakin kuat steam-nya, semakin cepat pakaian anda jadi lurus🙂

3. Dryer. Kalau apartemen / rumah anda tidak mendapat panas yang cukup, dan luasnya terbatas, dryer bisa sangat membantu karena cucian anda bisa kering dalam waktu 1-2 jam saja. Ada beberapa tipe mesin cuci yang juga bisa berfungsi sebagai dryer sehingga anda tidak perlu beli 2 mesin besar. Tapi bisa juga anda beli mesin dryer, lalu dipasang di atas mesin cuci yang front loading (pintu-nya di depan, bukan di atas)

4. Lap basah sekali pakai (wet wipes / floor wipes / table wipes). Kalau anda menumpahkan makanan / minuman ke lantai / meja, cukup dilap pakai lap basah sekali pakai ini, lalu buang. Anda tidak perlu mengeluarkan pel, sapu, lap, dllsb untuk urusan noda sedikit.

5. Squeege yang bergagang panjang / pendek. Squeege (saya nggak tau bahasa Indonesia-nya apa … ini pokoknya alat yang digunakan staff di Pom Bensin Shell di Slipi untuk membersihkan kaca mobil) sangat berguna untuk membersihkan jendela, cermin dan pintu shower. Karena posisi kaca ini biasanya lebih tinggi dari jangkauan tangan, squeege yang gagangnya bisa diatur panjang / pendek sangat berguna

mop_bucket6. Ember u/ cairan pel yang ada tempat u/ memeras kain pel-nya. Banyak ember yang dijual sekarang dilengkapi dengan tempat untuk memeras kain pel supaya kita nggak perlu membungkuk u/ memeras kain pel. Lihat gambar.

7. Beberapa laundry basket. Kalau anda berniat mencuci sendiri, biasakan u/ memisahkan laundry anda: pakaian putih di satu tempat, pakaian warna di satu tempat, pakaian yang berbahan halus di satu tempat, pakaian yang harus dry clean di satu tempat. Dengan begini, anda tidak perlu menyortir laundry ketika akan memasukkan pakaian ke mesin cuci.

laundrybag8. Beberapa mesh laundry bag (kantong laundry). Saya menggunakan kantong laundry (lihat gambar) untuk menaruh underwear supaya dia tidak tertindih atau terlilit pakaian-pakaian lain yang lebih besar. Saya menggunakan kantong laundry ini juga untuk menaruh pakaian-pakaian yang mudah robek kalau tersangkut kancing / ritsluiting. Ukurannya macam-macam, dari hanya sebesar saputangan sampai sebesar kantong beras. Setelah pakaian dimasukkan ke kantong ini, tinggal dimasukkan ke mesin cuci, bercampur dengan pakaian lain.

Waktu punya pembantu, saya agak-agak nggak peduli terhadap kualitas alat-alat rumah tangga yang saya punya … pokoknya beli yang basic dan murah. Tapi setelah nggak punya pembantu, saya merasakan sendiri betapa cape dan nyebelinnya pekerjaan rumah kalau kita tidak dibantu dengan alat-alat yang memadai, apalagi kalau waktu kita terbatas dan kita sudah cape seharian kerja kantoran.

Waktu yang saya habiskan untuk mengerjakan pekerjaan rumah bisa dipotong sampai separuhnya setelah saya menggunakan alat-alat yang saya sebut di artikel ini … dan membersihkan rumah jadi lebih fun kalau kita tidak perlu mengeluh soal peralatannya …. jadi semoga ada manfaatnya untuk teman-teman🙂

~ by elinski on January 2, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: