Cara Pilih Seprei Yang Mantap

Bingung dengan banyaknya pililhan untuk seprei dan bed cover? Tidak tahu bedanya material yang satu dengan yang lain? Dan heran kenapa harga satu set seprei bisa bervariasi dari Rp200-an ribu sampai jutaan?

Mudah-mudahan informasi di bawah berguna:

1. Harga makin mahal bukan berarti kualitas meningkat, karenanya jangan beli seprei kecuali kalau diskon. Satu set seprei kami yang pertama harganya hampir S$400 (sekitar Rp2,5 juta). Warnanya hijau lumut, thread cotton-nya tinggi, bahannya terasa sangat halus. Tapi sebulan kemudian, warna sarung bantalnya di bagian tengah mulai memudar karena kalau tidur kami kadang-kadang pakai obat jerawat atau balsem di leher. Sebagai gantinya, kami beli lagi satu set seprei saat diskon, harganya cuma S$90 (sekitar Rp500 ribu). Bahannya sama, combed cotton, tapi thread count-nya lebih rendah. Set yang harganya cuma 1/5 dari yang sebelumnya ini sudah kami pakai lebih dari setahun, warnanya tidak pernah pudar walaupun dicuci dengan cara yang sama, dan kami tetap pakai obat jerawat atau balsem saat tidur.

2. Beli set yang warnanya muda. Kami sudah kapok dua kali beli set seprei warna GELAP dan solid. Bila warna seprei anda gelap dan solid, warna yang memudar / luntur sedikit saja langsung kelihatan. Dan seringnya memudarnya nggak rata, jadi seperti coak-coak atau kelunturan. Warna yang jadi kusam dan pudar ini tetap terjadi ga peduli seprei ini bermerek, harganya mahal, dan apa bahan dasarnya. Saya bahkan pernah punya satu set seprei warna biru tua + ungu yang mahal dan mereknya terkenal. BARU DICUCI SEKALI warnanya sudah langsung pudar di beberapa bagian, padahal dicucinya tidak pakai deterjen!

3. Prioritaskan bahan yang terasa nyaman, bukan desain. Ketika membeli seprei, utamakan mencari bahan yang terasa nyaman di kulit anda. Jangan cuma beli karena desain. Anda tidak akan tidur lebih enak kalau seprei anda bergambar Kungfu Panda favorit, tapi anda tidak akan bisa tidur enak kalau seprei berasa kasar atau panas di kulit anda. Beberapa bahan seprei yang bisa ditemukan di Indonesia:

  • Egyptian combed cotton – biasanya harganya mahal. Sangat lembut, tapi tidak lembut di dompet :-) Dan kalau pun cover seprei mengatakan “Egyptian Cotton“, kebanyakan Egyptian cotton yang beredar di pasaran adalah katun Mesir yang sudah dicampur dengan katun dari negara lain supaya nggak terlalu mahal. Jadi, bagi saya, membayar jauh lebih mahal untuk bisa menikmati Egyptian cotton sangat ga worth-it.
  • Combed cotton – Saya senang beli bahan ini karena terasa lembut di kulit, perawatannya mudah, dan awet
  • Jacquard cotton – Terus terang saya kurang tahu bedanya combed cotton dengan jacquard cotton. Dua-duanya terasa lembut, tahan lama dan tidak mengkilap. Biasanya kami beli jacquard cotton atau combed cotton.
  • Cotton sateen – Pilihan yang populer karena sateen finish terasa sejuk di kulit
  • Cotton / polyester blend – awet dan harganya lebih murah dari cotton / katun. Tapi campuran polyester akan terasa hangat di kulit, tidak nyaman kalau kamar anda panas dan tidak ber-AC

4. Pilih motif / desain yang modelnya tetap “in” untuk jangka waktu yang lama. Seprei bukan barang murah, dan biasanya kita tidak mengapkir seprei seperti kita mengapkir pakaian. Biasanya seprei kita pakai bertahun-tahun sampai (istilah Jawa-nya) bludus.  Karenanya, cari desain / motif yang akan bertahan lama. Kalau ada yang menyarankan anda untuk beli quilt cover bergambar Star Wars untuk anak anda yang sekarang umur 8 tahun, pikir lagi. Bisa jadi 1-2 tahun kemudian dia sudah nggak seneng Star Wars dan akan rengek2 minta dibelikan quilt cover Batman …. grrrrrr…..

Selalu pilih desain dengan aksen-aksen klasik yang tidak akan terlihat jadul setelah beberapa tahun, atau cari seprei warna polos yang muda dikombinasi dengan quilt cover dan sarung bantal/guling warna senada. Model-model seperti ini akan tetap in selamanya.

4. Hati-hati dengan aksen bordir atau jahitan di sarung bantal! Beberapa model sarung bantal dihias dengan aksen bordir atau jahitan di bagian pinggir / sampingnya. Kalau anda senang model ini, coba letakkan pipi / kepala anda di sarung bantal ini. Hal ini untuk memastikan bahwa kalau anda tidur menyamping, pipi anda tidak menyentuk aksen bordir/jahitan ini, karena kalau ya, bisa jadi pagi hari anda bangun tidur dengan “cetakan” aksen bordir di pipi anda. Bukan cuma masalah estetika wajah saja, tapi ini juga bisa menimbulkan iritasi. Karena itu, kalau di bungkusan seprei anda melihat ada aksen bordirnya, minta penjaga toko untuk membuka bungkusannya supaya anda bisa cek sepreinya. Biasanya, kalau anda mau beli seprei, penjaga toko akan selalu mau membuka bungkusannya untuk anda lihat.

5. Pastikan seprei betul-betul pas dengan ukuran kasur. Kalau seprei anda kebesaran dan tidak pas membungkus kasur anda, tidur anda bisa jadi tidak nyaman karena banyak kerutan terutama di sekitar kaki anda. Selain itu, membereskan tempat tidur akan jadi menyulitkan karena anda harus tarik-tarik seprei dan mengaitkannya ke bawah kasur. Lumayan kalau kasur anda tidak berat. Kalau kasur anda seperti punya saya, yang sudah saya geser-geser sekuat tenaga ga pernah bergerak sedikitpun, nyaho …. :D

Karena itu, selalu beli FITTED SHEET sesuai dengan ukuran ranjang anda. Dengan cara ini, anda (seperti saya) tidak pernah perlu merapikan seprei.

6. Cek ukuran seprei. Jangan lupa bahwa banyak seprei yang dijual adalah barang impor, dan ukuran ranjang double/queen/king size di negara lain berbeda. Misalnya, di Indonesia ranjang ukuran queen adalah 160×200, di Singapura 152×192, di Hong Kong 140×200. Karenanya, jangan cuma lihat tanda “queen” “king” atau “single” di bungkus seprei. Pastikan anda lihat ukuran cm / inch dari sepreinya.

7. Apa itu thread count? Apakah thread count penting? Thread count adalah jumlah jalinan benang yang terpasang di tiap square INCH (kira-kira 6,5 cm2) seprei, baik secara horizontal atau vertikal. Biasanya, seprei dengan thread count tinggi akan terasa lebih nyaman dan halus di kulit. Prinsip yang biasa berlaku adalah thread count antara 180-300 per square inch sudah sangat bagus. Thread count diatas 400 sudah agak-agak keterlaluan (bedanya di kulit nggak terasa dengan yang 180-300, tapi beda harganya terasa banget!), dan banyak orang merasa thread count 100-180 sudah cukup nyaman.

Kalau anda ingin memasukkan thread count sebagai kriteria membeli seprei, ingat bahwa di Indonesia dan banyak negara lain, produsen seprei menyantumkan thread count dalam dua satuan ukur: per SQUARE INCH dan per 10cm2. Jadi kalau anda melihat thread count 180 per 10cm2, itu sebenarnya hanya sekitar 120 thread count per square inch. Biasanya, 10 cm2 sama dengan 1.55 square inch. Kalau anda melihat thread count dibuat dalam satuan 10cm2, tinggal dikonversi saja ke square inch.

Tapi pada akhirnya, aksen dan sentuhan akhir (finishes) dari seprei juga menentukan kelembutan dan kenyamanan seprei. Kalau anda memilih seprei dengan thread count sangat tinggi, tapi penuh dengan bordiran dan ukurannya kedodoran, anda tidak akan merasa nyaman. Terkadang thread count bisa jadi lebih nyaman dan halus dengan bantuan pelembut pakaian (softener). Jadi jangan terlalu bergantung dengan thread count :-)

About these ads

~ by elinski on August 31, 2008.

9 Responses to “Cara Pilih Seprei Yang Mantap”

  1. very helpfull..
    Thx for the info :)

  2. very helpfull bgt
    padahal saya juga jual seprei hehehehe……….

  3. ini baru namnya info berguna!!!

    nice! thx a lot! klo bole tambahin info beli sprei yg bagus dan trjangkau di toko mana gt… plz??

  4. Hi Guchi – tinggal di Indo ya? Aku tinggal di Singapur, jadi kurang tau toko2 seprei yang ok dimana. Kalo di Singapur sih saya biasa nunggu warehouse sale di toko2 seprei seperti Aussino atau Cozy, atau nunggu stock-take sale di dept. store kayak Robinson :-)

  5. infonya ok. ngebantu bgt buat saya yg reseller….:-)

  6. [...] Selasa, Februari 3, 2009 Beautify Your Home, Cara Asik Ngurus Rumah Posted by morning dew under Tak Berkategori   Banyak ide-ide asik yang aku temukan di blog ini, Beautify Your Home. Nggak njlimet dan bisa diterapkan dengan mudah. Pertama nyasar di blog ini, ketika searching di google dengan kata kunci “seprei jaquard” dan bertemulah aku dengan artikel “Cara Pilih Seprei Yang Mantap”. [...]

  7. Informasinya membantu banget… product knowledge saya tentang seprei jadi bertambah. Soalnya kan kita jarang2 beli seprei.. Udah gitu harganya juga nggak murah untuk merk yang berkualitas, dari tulisan ini jadi bisa lebih objektif memilih jenis seprei.. yang nyaman, awet, cantiknya tahan lama… dan berkualitas.

    Hatur Nuhun Pisan

  8. wah, infonya berguna banget… very nice blog…

  9. Mantaps nich tipsnya, apalagi kalau dari pengalaman pribadi. jadi bisa nambah ilmu kalau pengen beli sprei yang berkualitas. Thanks yaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: