Supaya Rumah Kelihatan Baru Terus

Karena apartemen kami sering dikunjungi tamu, kami sering mendengar komentar seperti, “Wah, rumahnya baru ya?” Kompleks apartemen kami memang baru tiga tahun, dan kami tinggal di situ baru 16 bulan. Tapi tidak semua furniture kami baru. Kami masih pakai beberapa seprei, furniture kayu, dan hiasan-hiasan dinding lama. Beberapa barang yang kami pajang usianya sudah sampai 10 tahun. Tapi tetep, komentar orang adalah apartemen kami kelihatan baru.

Kalau mereka nginep dan matanya jeli, biasanya setelah beberapa hari mereka menemukan beberapa trik yang kami gunakan untuk membuat rumah kami selalu kelihatan baru. Trik ini tidak ada yang sulit maupun mahal. Cuma butuh usaha dikit aja. Di antaranya:

1. SEDIA STIKER ANTI GORES (SCRATCH / FELT PROTECTORS)Kami selalu ngecek apakah kursi yang kami beli tiap kakinya dilapisi karet atau felt (semacam materi sintetis yang mirip suede atau karpet meja billiard). Tanpa pelindung ini, kaki kursi gampang menggores lantai. Kalau kursinya tidak ada pelindung ini, bagian bawah kursi selalu kami lapisi stiker anti gores. Demikian pula dengan setiap keranjang, vas bunga, dan barang-barang lain yang kami letakkan di lantai atau di atas meja kayu. Semuanya dilapisi stiker anti gores. Daripada bete ngeliat goresan-goresan di lantai marmer atau parquet ….

Selain di bagian bawah barang-barang, kami juga menempelkan stiker anti gores di tempat-tempat yang mungkin ditabrak gagang pintu kalo pintunya terbuka. Tanpa stiker ini (lihat gambar di kanan), gagang pintu mudah sekali menggores tembok atau barang lain.

2. GUNAKAN SPIDOL KAYU (WOOD MARKERS) UNTUK MENYAMARKAN GORESAN DI KAYUKami menyamarkan goresan dan perubahan warna di furniture kayu kami dengan wood marker. Bentuknya seperti spidol whiteboard, tapi warnanya coklat macem-macem … coklat tua, coklat kemerahan, coklat krem, dsb. Di Singapur, saya beli spidol ini di Daiso, satunya S$2. Di Indo, beli di Ace Hardware kali ya … dengan tipuan ini, nggak ada satupun tamu yang memperhatikan kalo furniture dan lantai kayu kami sudah mulai coak di sana-sini.

3. GUNAKAN TATAKAN GELAS Kami bete berat kalo ngeliat bekas gelas di meja. Kalo dibiarin, bekas ini jadi susah hilang. Jadi selalu gunakan tatakan gelas, tatakan panci dan serbet makan (place mat) di dapur dan meja makan.

4. PASANG BASE BOARD DI BAGIAN BAWAH TEMBOK Lihat gambar di kanan … seluruh apartemen kami dipasangi base board. Ga cuma masalah estetika. Tapestry membuat furniture tidak sepenuhnya mepet ke tembok, jadi furniture tidak akan meninggalkan bekas debu atau goresan ketika posisinya dipindah.

5. SIMPAN SISA KALENG CATAnak kecil sering menganggap tembok sebagai kanvasnya. Koper tamu kadang menempel ke tembok dan meninggalkan goresan hitam di kamar yang mungkin warna kuning cerah. Little kids always think that the wall is their drawing board. Kalaupun anda tidak sering menerima tamu dan tidak punya anak, sudut-sudut tembok pasti catnya retak sedikit setelah beberapa lama. Anda bisa panggil tukang cat untuk menghilangkan semua bekas ini, atau cukup cat ulang di atas goresan-goresan yang ga enak di mata. Ngecat tembok itu mudah, anak saya yang umur 10 tahun aja bisa kok🙂

6. POLES FURNITURE KAYU ANDA Seminggu sekali, semua furniture kayu dan bambu kami dipoles dengan Pledge Furniture Polish supaya kilauan di permukaannya merata dan kayu terlindung dari kelembaban atau panas terik. Beberapa bulan sekali, kursi dan meja kayu di balkon kami dipoles juga dengan minyak kayu jati (teak oil) supaya, lagi-lagi, tidak rusak karena panas terik, hujan dan udara lembab.

7. GUNAKAN 3M UNTUK MENGGANTUNG HIASAN DINDING Kami selalu menyimpan 3M picture hanging strips / picture hooks dalam berbagai ukuran karena mereka sangat mudah dipasang, kuat, dan kalau dicopot tidak akan meninggalkan bekas apapun di tembok!! Di Singapur, harganya S$4.95 per pak. Setelah pakai ini, saya tidak pernah pasang paku dan memandangi lubang bekas paku dengan nelangsa ..

Tips ini berlaku untuk poster juga. Jangan tempel poster di tembok dengan selotip … selotip bisa membuat cat tembok ngelotok. Gunakan 3M poster strip atau Blu Tack.

8. PAJANG TANAMAN HIAS Kalau akan ada tamu di rumah, saya agak2 upaya lebih lah … tanaman di balkon yang sudah nggak enak dipandang saya umpetin atau rapikan (trimming). Tanaman yang lagi ngembang atau punya aroma yang bikin nyaman saya letakkan di tempat-tempat yang akan dilihat oleh tamu.

Kalau nggak suka tanaman hias, bisa juga pake bunga plastik, atau beli bunga potong (yang di Singapur mahal banget ….

Kalo lihat daftar di atas, kelihatannya upayanya kok gitu banget … tapi tiap tips sebenernya bisa dikerjakan dalam beberapa menit (bahkan detik). Kalau anda coba trik-trik ini dan melihat kondisi rumah anda beberapa tahun kemudian, trust me, anda nggak akan nyesel mempraktekkan hal-hal ini

~ by elinski on July 1, 2008.

6 Responses to “Supaya Rumah Kelihatan Baru Terus”

  1. makasih ya infonya

  2. dmn cari wood marker kalau di indonesia? adakah distributornya?
    makasih

  3. @ Fajar: bisa dilihat komen saya sebelumnya – gambar itu saya dapat dr web, jadi saya juga ga tau dimana belinya. Tapi di IKEA atau Index mestinya ada lah yang jual sofa bed walopun bentuknya ga sama🙂

  4. @ dyah: wood marker mestinya dijual di Ace Hardware ya … kalo di Singapur sih saya beli di toko dua dolaran namanya Daiso. Kalo kepepet, ga perlu pake wood marker … beli aja spidol warna coklat dari coklat muda ampe tua banget🙂

  5. SAYA BUTUH INFONYA UNTUK HARGA TATAKAN GELASNYA BERAPA YACJH PER PCS…?URGENT

  6. @ Oky Andy Rachman: saya biasanya beli tatakan gelas model2 kayu gini di Bintara Art Gallery di Jl. Wolter Monginsidi. Tapi rata2 department store di mall2 juga ada kok yg jualan beginian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: