Supaya rumah bisa muat banyak tamu

Saya, suami dan anak tinggal di apartemen tiga kamar tidur ukuran 150 m2 di Singapura. Kami hanya punya 1 kamar tamu, tapi kami bisa menerima sampai tujuh tamu menginap di rumah kami. Berikut cara kami mengatur rumah supaya muat banyak tamu:

Contoh sofa bed

Contoh sofa bed

1. Beli sofa yang bisa digunakan untuk tidur. Sofa kami cukup panjang, sekitar 200 cm x 80 cm. Satu tamu bisa tidur di sofa. Dan kami punya lima bantal sofa yang bisa digunakan untuk tidur. Cara lain adalah membeli sofa yang sudah dirancang sebagai sofa bed. 2 orang bisa tidur di sofa bed ini.

Note: gambar sebelah hanya contoh ya. Saya nemu gambar ini di internet, tapi ga tau sofa ini dijual dimana ….. [atau mungkin saya perlu impor sofa ini ke Indo ... yang nanya lumayan banyak niy :-)  ]

2. Jangan penuhi kamar tamu dengan furniture. Kamar tamu kami hanya memiliki 1 ranjang queen kecil (ukuran 150×190 cm), 1 meja samping (untuk taro gelas, remote control dsb) dan 1 bangku panjang untuk taruh koper dan barang belanjaan. Bangku ini bisa dipindahkan ke ruang tamu. Tidak ada meja rias, rak buku atau lemari … kalau tamu mau make up ya di kamar mandi atau di kaca yang saya tempelkan di belakang pintu. Dengan mengirit furniture, kamar tamu kami bisa muat 4 orang (2 di ranjang queen, plus 2 di kasur lipat) dan masih ada sisa tempat untuk koper dan belanjaan. Not bad, untuk kamar yang ukurannya hanya sekitar 10 m2.

3. Beli furniture yang minimalis. Jangan beli furniture (terutama ranjang) yang penuh dengan lengkungan atau bingkai ranjang yang terlalu tebal dan menghabiskan tempat. Bila space anda terbatas, every centimeter counts! Cari furniture yang bahannya ringan (mudah digeser-geser tanpa merusak lantai), bentuknya kotak dan tegak lurus sejajar dengan tembok / lantai (mis: jangan beli ranjang yang headboard-nya miring)

4. Ajari anak anda untuk berbagi kamar. Kalau kami punya lebih dari 3 tamu, kami minta anak untuk sementara pindah ke kamar kami dan tidur di kasur lipat.

5. Simpan kasur lipat. Kalau anda senang menerima tamu (seperti saya dan suami), selalu siapkan kasur lipat sejumlah tamu yang bisa anda terima di rumah. Atau kalau nggak punya space untuk menyimpan banyak kasur lipat, pastikan anda punya teman yang punya kasur lipat yang bisa anda pinjam ketika butuh.

Bunk bed + pull-out bed

Bunk bed + pull-out bed

Pull-out bed

Pull-out bed

6. Beli ranjang susun untuk kamar anak. Anda bisa beli ranjang susun (bunk bed) atau ranjang yang punya kasur geser di bawahnya (lihat gambar: bunk bed vs. pull-out bed). Sekali lagi, pilih ranjang susun yang paling standar: 2 ranjang single yang kasur atas dan bawah sejajar. Jangan beli yang kasur atas dan bawah menghadap ke arah yang berbeda. Dan jangan beli ranjang susun yang tangga-nya terlalu miring. Cari yang tangganya tegak lurus, karena -sekali lagi- setiap sentimeter yang bisa anda hemat sangat berguna.

7. Hias sofa dengan bantal. Kami tidak punya space yang cukup di gudang untuk menyimpan bantal extra dalam jumlah banyak. Lagipula, gudang cenderung lembab dan kami tidak mau menyimpan barang-barang yang akan kontak dengan kulit di tempat yang lembab dan berdebu. Karena itu sofa kami dilengkapi banyak bantal – yang bisa digunakan untuk bantal tidur sekaligus jadi pemanis ruang tamu ketika tidak dipakai tidur. Lihat gambar sofa di atas untuk contoh … sandarannya berbentuk bantal yang bisa digunakan untuk tidur.

Kalau rumah anda sudah kadung jadi dan dihiasi furnitur, saya tidak menganjurkan anda untuk mengganti semua furniture hanya untuk mengikuti prinsip ini. Tapi hal-hal sederhana seperti menaruh bantal sofa, membeli / meminjam kasur lipat bisa menjadi titik awal anda :-)

~ by elinski on November 22, 2008.

13 Responses to “Supaya rumah bisa muat banyak tamu”

  1. nice artikel…
    thanks ya atas infonya…
    sangat bermanfaat…
    saya nantikan yang selanjutnya ya…

  2. nice artikel…
    thanks ya atas infonya…
    sangat bermanfaat…

  3. Artikel yang bagus, singkat dan tepat sasaran. Saya baru membeli sebuah apartemen dan sedang mencari furniture untuk mengisi. Saya sangat tertarik dengan sofa bed yang sesuai gambar diatas. Bisa tau beli dimana dan ukurannnya? Terima kasih.

  4. Hi Rachel – foto itu saya ambil di internet, kalo ga salah itu dari toko furnitur di spanyol or something … tapi di Indo saya kadang sering lihat sofa bed juga sih … coba aja liat2, atau kalo ngebet pengen yang persis sama, bawain aja gambarnya and minta custom-made. :-)

  5. cool sofa bed`nya
    minat nih..send me email to rezappreza@hotmail.com

  6. boz kalau sofa seperti gambar di atas ukuran 200cm x 80cm berapa harganya?

  7. Hi Reza, Aidez, and everyone else yang mungkin punya pertanyaan yang sama… gambar itu saya ambil di internet, jadi saya nggak tau sofa itu bisa didapat dimana dan berapa harganya. Tapi yang jelas, di Indo sofa bed juga banyak kok :-) tinggal hunting aja, di JCC khan lagi ada pameran furniture sampai 6 September :-)

  8. where can i get one

  9. Hi Charles Bromley, I found the photo off the net so I have no idea. The best sofa bed that I have seen is in Natural Living … a water hyacinth sofa that can be turned into a double bed. Try finding the image on images.google.com and you’ll eventually find the source.

  10. hai bro n sis kalau ada yang berminat buat sofa sesuai keinganan ( custume made) saya ada info coba aja hub karya mandiri furniture harga nya murah bahan nya bagus dan yang pasti bisa membuat sofa dengan keinginan kita bila ada yang berminat alamat nya jl. kp melayu kecil 1 no 34 tebet jakarta selatan telp 021 70145940, 081807294622 dan disana juga bisa terima jasa service karena info yang saya berikan ini langsung work shop nya

  11. @ everyone: kalau ada orang2 dari perusahaan furniture / home decor di Indonesia yang mau mengiklankan diri di sini, so far my personal policy adalah aku approve comment mereka (seperti comment dari Karya Mandiri Furniture ini). Tapi saya tidak personally endorse barang-nya karena saya sendiri nggak aware tentang kualitasnya. Kalau saya meng-endorse barang / perusahaan tertentu, it’s purely karena saya pernah beli / gunakan jasa mereka dan saya puas (bukan karena saya dapet komisi he he he) … dan endorsement pribadi dari saya akan masuk di bagian artikel, bukan di bagian comment :-)

  12. beli sofa bed yg seperti contoh diatas dimana? bs hub saya di 085729666619 / fajar_jaladri@yahoo.com

  13. Artikel yang bagus… sangat bermanfaat

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

